Daftar Blog Saya

Sabtu, 06 Agustus 2011

MENGENAL PAKAR PENDIDIKAN DALAM PERADABAN ISLAM KLASIK

BURHANUDDIN AZ ZARNUBI (w. 600 H / 1203 M)

 Murid harus berpikir sebelum membicarakan ilmu secara detail, karena untuk dapat memahami, kita harus berpikir. Untuk berpikir kita harus mengkajinya. Ketelitian adalah kunci untuk memahami ilmu pengetahuan. Jangan meninggalkan satu pokok persoalan untuk beralih kepada persolan lainnya, sebelum persoalan tersebut di kuasai.” (Az Zarnubi)

Burhanuddin Az Zarnubi adalah seorang ahli dalam pendidikan yang terkenal, pengarang kitab Ta’lim al Muta’allim (On Teaching The Pupil).

Az Zarnubi merupakan ahli dalam pendidikan dan tasauf, ia memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang fiqih dn ilmu kalam disertai jiwa sastra yang halus dan mendalam, seseorang telah memperoleh akses / peluang yang tinggi untuk masuk ke dunia tasauf.

Ta’lim al Muta’allim (On Teaching The Pupil) atau lengkapnya Ta’lim al Muta’allim Thuruq al Ta’allum. Merupakan buku tentang pendidikan yang terkenal. Dalam buku ini terkandung materi; hakekat nilai pendidikan dan hukum, seperti: tujuan belajar, seleksi subyek, profesor, teman sekolah, keta’atan pada guru, penghormatan terhadap ilmu pengetahuan dan orang yang berilmu, aplikasi, keteguhan hati, kerajinan, permulaan, kekuasaan, dan persiapan pelajaran, juga dibahas mengeni konsentrasi, kasih sayang, nasehat, pencarian pengetahuan, keshahihan, hal-hal yang menyebabkan ingat dan lupa dan hal-hal yang memperkuat rohani dan jasmani yang diberikan Tuhan.

Buku ini dipelajari dihampir seluruh pesntren tradisionl di Indonesia. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Italia oleh H. Reland, dengan judul Enchiridion Studiosi (tahun 1709 M), juga ke dalam bahasa yang sama pada tahun 1838 oleh Caspari.


IBN JAMA’AH (639-733 H / 1241-1333 M)

Seorang ahli hukum (fiqih), pernah menjadi hakim, dan terkenal pula dalam bidang pendidikan.

Lahir di Hamwa, Mesir dan meninggal di Qirafah, Mesir. Setelah mendapat pendidikan dari ayahnya, ia kemudian mengembara ke kota-kota di negeri Mesir dan Suriah.

Sebagai seorang ahli hukum Islam (fiqih) sehingga sebagian masa hidupnya ia habiskan untuk melaksanakan tugasnya sebagai hakim di Syam dan di Mesir. Ia juga mengajar di Madrasah di Qimyariyah, sebuah lembaga pendidikan yang dibangun oleh Ibn Thulun di Damaskus dalam waktu yang cukup lama.

Karyanya Tadzkirat as Sami’ wa al Mutakallim fi Adab al Alim wa Al muta’allim (A Memorandum for Student and Lecturers on The Responsibilites of The Teacher and The Pupil). Buku ini ditulis pada tahun 1273 M, yang membahas topik-topik pendidikan, seperti cara-cara belajar, hubungan antara guru dan murid dikelas, tingkah laku guru-murid serta murid-guru, dan aturan atau etika dalam kehidupan asrama di sekolah.


MUSTAWFI (1281-1340 M)

Penulis kitab Nuzhatul Qulub (Delight of The Hearts). Buku ini merupakan karya ensiklopedis ilmiyah kosmografika, yang penulisannya menggunakan bahasa Persia. Buku ini meliputi 5 bagian, diantaranya, yakni bagian kedua yang membahas pendidikan. Didalamnya secara khusus dibicarakan tentang manusia, unsur-unsurnya, kualitas moralnya, dan sebagainya.


IBN ATIYYAH (Abad 16 M).

Salah seorang ahli pendidikan, penulis kitab Al Amirud Daris fil Ahkamil Muta’alliqati bil Madaris (Forgeten facts on the administration of school / Yang terlupakan dari keadministrasian sekolah). Dalam buku ini ia mengajukan beberapa tanggung jawab pelajar / mahasiswa, guru, dan kewajiban profesional mereka saat berada di sekolah.


TAJUDDIN IBN ZAKARIA AL UTSMANI (1050 H / 1640 M)

Seorang ahli pendidikan, penulis kitab Adabul Muridin ( On The Responsibility of Student / Adab Murid). Dalam buku ini ia membicarakan 11 syarat pengajaran yang baik, 11 prinsip tentang efisiensi dalam belajar, dan 12 aturan tingkah laku bagi para guru.



(lanjut...)


(by, Adeng Lukmantara
Sumber: Ringkasan dari berbagai buku & artikel di Interner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar