Daftar Blog Saya

Selasa, 02 Agustus 2011

MANUSKRIP DI PERPUSTAKAAN NEGERI BARAT


Manuskrip atau tulisan tangan karya ulama-ulama Islam klasik banyak bertebaran di negara-negara barat. Memang ironi umat Islam sekarang ini, khazanah masa lampau yang begitu banyak justru belum mendapat tempat di kalangan umat islam itu sendiri. Justru manuskrip hasil tulisan tangan para pemipkir dan ulama era peradaban klasik bertebaran di berbagai perpustakaan eropa dan amerika serikat.
1. Inggris
Di Inggris ada sekitar 15000 manuskrip Arab yang tersimpan di Museum Inggris. Lebih dari 30 kamar dari 72 kamar di perpustakaan museum inggris berisi peninggalan mesir.
2. Italia
Di perpustakaan Miroziyana Italia terdapar sekitar 10000 manuskrip yang berasal dari Yaman, yang diselundupkan dari Yaman sekitar abad ke-19 dan 20 M.
3. Amerika Serikat
Departemen perpustakaan untuk buku buku langka di Universitas Princeton, AS (Library’s departemen of rare books and special colletion Princeton University) menyimpan sekitar 9500 manuskrip karya ulama islam yang ditulis dalam bahasa Arab, Persia, Turki, dan bahasa-bahasa muslim lainnya di dunia. Dari jumlah tersebut 200 manuskrip dapat diakses secara online.
Manuskrip Karya Ulama di Perpustakaan Barat
1. Kitab al Adzkar karya Imam An Nawawi
Kitab al Adzkar yang berisi kumpulan do’a yang masih menjadi rujukan umat islam hingga kini, manuskrip aslinya tersimpan di perpustakaan Alfred Chester Beatty di Dublin Finlandia,
2. Fawa’id fi Naqd al Asanid karya Hafidz as Shuri
Manuskrip asli Kitab Fawa’id fi Naqd al Asanid tersimpan di perpustakaan Museum Inggris di London.
3. Majmu Al Fatawa karya Ibn Taimiyah
Majmu al Fatawa yang merupakan salah satu kitab yang terkanal karya Ibn Taimiyah, yang diterbitkan di Mesir tahun 2005, merujuk manuskrip yang berasal dari perpustakaan nasioanl Berlin.
4. Al Madhal ila Shina’ah Ahkam an Nujum karya Kusyar ibn Lubban
Manuskrip kitab Al Madhal ila Shina’ah Ahkam an Nujum karya Kusyar ibn Lubban terdapat di perpustakaan Petersburg Jerman, yang membicarakan tentang astronomi. Ibn Lubban sendiri merupakan ahli matematika dan astronomi yang hidup pada abad 12 M. Karyanya

(lanjut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar