Daftar Blog Saya

Kamis, 12 Agustus 2010

MENGENAL SEJARAWAN DALAM PERADABAN ISLAM

Salah satu warisan terpenting dalam peradaban islam klasik adalah dalam bidang sejarah. Peradaban Islam telah melahirkan sejarawan-sejarawan yang sangat mengagumkan yang mencatat kejadian-kejadian sebelum dan pada zaman diamana ia hudup.
Diantaranya sejarawan tersebut, antara lain:

1. Abu Mikhnaf (w. 157 H/ 774 M)
Salah seorang sejarawan muslim awal terbaik. Ia adalah sejarawan yang pertama yang memberikan ulasan konfrehensif tentang tragedi Karbala. Karyanya Maqtal al Husein, manuskripnya masih ada dan tersimpan di Gotha, Berlin, Leiden dan St Petersburg.


2. Al Waqidi (w.207 H/ 823 M)
Seorang ahli sejarah muslim generasi pertama, dan penulis besar sejarah Nabi Muhammad SAW. Ia termasuk sebagai seorang ang paling ahli dalam sejarah Islam disamping tokoh ilmu rijal.
Ia telah menulis sekitar 28 buku dalam bidang Al Qur'an, hadits, fiqih, dan sejarah. Semua karyanya tidak tersisa kecuali Kitab al Maghazi.
Dalam bidang sejarah, ia telah menerapkan metodologi penulisan sejarah secara ilmiyah. Kitab al Maghazi mencerminkan hal tersebut. Ia memulaina dengan daftar panjang para rijal yang menjadi sumber informasi...........


3.Ibn Hisyam (w. 218 H/ 833 M)
Ahli sejarah Nabi Muhammad. Ia berusaha menusun sejarah Nabi Muhammad SAW secara luas dan sistematis.
Karyanya yang terkenal " Sirah Ibn Hisyam" adalah kitab / buku sejarah nabi Muhammad yang ditulis generasi awal yang dapat ditemukan hingga kini.


4. Muhammad ibn Sa'd (w. 230 H/ 844 M)
Seorang ahli sejarah dan juga ahli hadits, pengarang kitab At Tabaqatu'l Kubro, ang merupakan salah satu kitab terpenting dalam sejarah mengenai rijalul hadits.


5. Al Balajuri (w. 279 H/ 892 M)
Seorang sejarawan istana pada zaman kekhalifahan dinasti Abbasiyah di Baghdad. Karyanya Kitab Futuh al Buldan, membahas sejarah ekspansi kaum muslim ke negeri-negeri timur dan barat. Ia juga menulis buku besar silsilah, yang berjudul Kitab Akhbar al Anshab, suatu manuskrip 2464 halaman.


6. Ibn Qutiya (w.927 M)

Seorang ahli sejarah dari Andalusia, Spanyol Islam, penulsi kitab Tarikh Iftitah al Andalus. Kitab ini berisi tentang sejarah penaklukan Andalusia (Spanol) hingga awal kekuasaan Khalifah Abdurrahman III dari dinasti Umayah di Spanyol.


7. Al Mas'udi (w. 957 M)
Seorang pengembara terkenal, tokoh sains yang jenius, dan ahli dalam sejarah. Oleh Ibn Khalikan (seorang sejarawan terkenal), ia digelari Imam Al Mu'arrikkhin (pemimpin para sejarawan).
Dalam bidang sejarah bia meninggalkan sumbangan yang besar yang tak ternilai harganya. Dalam bidang sejarah, ia termasuk pembaharu dalam model penulisan sejarah, yang memperkenalkan metode secara orsinil penulisan sejarah, dengan memperkenalkan studi kritis pada kejadian-kejadian historis.


(lanjut...........)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar