Daftar Blog Saya

Sabtu, 30 Juli 2011

MENGENAL KITAB TAFSIR KARYA ULAMA ULAMA BESAR

Sangat banyak karya ulama besar tempo dulu yang tidak dikenal dewasa ini. Hal ini disebabkan karena disamping kesinambungan sejarah peradaban dan pemikiran umat islam yang begitu lama terputus, dan keterjebakannya umat dalam pemikiran sempit dan kurang berwawasan masa depan. Seolah tidak ada benang antara masa silam dengan masa depan.
Membuka pemikiran diri terhadap masa lampau yang kaya dalah suatu keharusan sejarah bagi orang-orang yang ingi membangun sejarah masa depan, Karena terlalu banyak pelajaran yang diwarisi masa lampau untuk melangkah dengan gagahnya dalam menyambut masa depan peradaban yang cemerlang. Karena begitu kecilnya peranan kita dibandingkan dengan para pendahulu-pendahulu yang karya-karyanya sangat menakjubkan. Bahkan untuk pemikir hebat masa kinipun belum bisa menyamai pemikir-pemikir hebat dizamannya.
Jadi benar suatu perkataan, jika ingin menjadi orang besar (maksudnya dalam arti orang hebat) maka kita harus bercita-cita menjadi orang besar (orang hebat) dan membaca karya-karya orang besar (orang hebat), disamping kita harus melangkah dengan cara-cara orang besar (orang hebat) juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar